Jumat, 27 Januari 2012

Pengendalian Kas

  • pengendalian terhadap penerinaam kas
untuk melindungi kas dari pencurian dan penyalahgunaan, perusahaan haris mengendalikan kas sejak diterima sampai kas disimpan di Bank. biasanya perusahaan menerima kas dari 2 sumber utama :
pelanggan yang membeli barang atau jasa dan pelanggan yang membayar piutangnya
  1. Kas yang diterima dari penjualan Tunai
tanpa melihat sumber penerimaan kas, setiap pengendalian yang paling penting untuk di lindungi dan mencatat penerimaan kas dengan baik. salah satu pengendalian yang paling penting untuk melindungi kas yang diterima dari penjualan di meja kasir adalah mesin kasir. contohnya : ketika kasir memasukan angka penjualan, biasanya ada layar monitor yang akan menghadap ke sisi pelanggan yang akan menunjukan jumlahnya.
 
     2.  Kas yang diterima melalui cek atau giro

pelanggan juga dapat membayar tagihan dengan cek atau giro. Cek dapat diambil tunai di bank, sedangkan giro hanya dapat di pindah buku kan dari rekening pembayar ke rekening bank penerimanya. kebanyakan faktur perusahaan dirancang agar para pelanggan mengembalikan potongan faktur yang berisi jumlah tagihan yang disebut slip pembayaran ( remittanceslip , bersama dengan lembar cek atau giro pembayaransi pelanggan.
 
     3.  Kas yang diterima melalui transfer dana elektronik

Dapat diterima melalui transfer dana elektronik, sebagai contoh : sebagian pemegang kartu kredit memberi kuasa kepada bank penerbit kartu kredit untuk membebankan tagihan tagihan rutin seperti telepon selular, internet, ke kartu kreditnya. selanjutnya Bank penerbit kartu kredit akan membayar tagihan tersebut kepada perusahaan telepon.

4 komentar:

  1. Selain dari ketiga yang di sebutin di atas,ada lagi ga sih penerimaan kas lain nya ??

    BalasHapus
  2. kalo fungsi dari pengendalian kas itu apa ?

    BalasHapus
  3. apabila ada kesalahan dalam pencatatan penerimaan kas, siapa yang bertanggung jawab atas kejadian tersebut??
    dan langkah apa yang harus dilakukan??

    BalasHapus